Kebun Raya Banua, Wahana Konservasi Untuk Liburan Bersama Keluarga

Mencari tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga? Wahana konservasi alam, wisata pendidikan, nyaman serta murah, merupakan beberapa kriteria yang sering dicari para orang tua untuk menentukan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Banyak sekali destinasi wisata yang menyajikan kriteria tersebut salah satunya adalah desnitasi wisata di Banjarbaru, Kebun Raya Banua, wisata lingkungan terbesar di Kalimantan. Kebun Raya Banua meruapkan taman yang dibangun bersamaan dengan proyek pembangunan kantor gubernur.

Destinasi wisata ini menjadi paket yang lengkap untuk dikunjungi keluarga, dari tempat yang luas untuk berkumpul ria, spot yang bagus untuk berfoto, bermacam-macam tanaman yang bisa jadi edukasi anak, tempat bermain, hingga labirin yang besar mampu membuat siapapun tertarik untuk memasukinya.
Kebun Raya Banua, Wahana Konservasi Untuk Liburan Bersama Keluarga

Destinasi Wisata Konservasi Alam Dengan Bermacam Tanaman Langka

Kebun Raya Banua merupakan kebun yang terletak di pusat perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan tepatnya di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Diresmikan pada tahun 2016 lalu, kebun ini sebenarnya menjadi jawaban atas penanganan isu panas akibat degradasi lingkungan di Kalimantan Selatan yang semakin mengkhawatirkan sehingga dibangunlah kebun ini sebagai paru-paru di kota Banjarbaru.

Demi mewujudkan kebun yang dapat menjadi wahana konservasi alam, serta bernilai edukasi, pemerintah Banjarbaru menghabiskan dana sekitar ratusan milliaran lho. Tidak heran kalau kebun ini dinobatkan sebagai wisata lingkungan terbesar dan terlengkap di Kalimantan dengan luas wilayah 100 hektar di seberang kantor gubernur.
Kebun Raya Banua, Wahana Konservasi Untuk Liburan Bersama Keluarga

Kebun ini juga menjadi pusat pengembangan dan perlindungan beragam tanaman lokal khas Provinsi Kalimantan Selatan. Banyak tanaman langka yang bisa kamu temukan di Kebun Raya Benua sekitar kira-kira 3.000 jenis tanaman.

Tanaman seperti tanaman Kayu besi dan Kayu Ulin, lalu pohon buah Binjai, pohon buah Kelangkala, sampai pohon Katsuri yang sudah sangat jarang ditemui bisa kamu temukan di Kebun Raya Benua.Bahkan tidak tanggung-tangung, pihak pengelola Kebun Raya Benua juga masih berburu tanaman ke berbagai daerah untuk melengkapi koleksi tanaman langka di kebun tersebut. Sebenarnya terbagi dalam beberapa zona yaitu zona tanaman hias, tanaman kayu, zona tanaman obat yaitu tanaman tematik, dan beberapa lainnya.

Tanaman tematik yang merupakan tanaman obat. Seperti yang sudah banyak diketahui, Pulau Kalimantan merupakan pulau yang kaya akan tanaman berkhasiat obat. Jadi nggak heran kalau di zona tanaman tematik Kebun Raya Banua Banjarbaru ini, tumbuhannya relatif banyak dibandingan dengan tanaman lainnya. Utamanya tanaman Tabat Barito dan Bawang Dayak yang dikenal mampu mengobati berbagai macam penyakit. Ada juga bangunan yang tertutup paranet khusus untuk tanaman yang tidak tahan panas seperti anggrek dan paku-pakuan. Ada sekitar 130 jenis anggrek dan tanaman lainnya yang tergolong sebagai tanaman yang langka.

Kebun Raya Banua ini bukan sekedar destinasi wisata kebun biasa, kebun ini menerapkan strategi program babytree, seperti yang diterapkan oleh Green Peace yaitu dengan menanam dan menjaga pohon seperti anak sendiri. Pengelola mengharapkan adanya peran dari masyarakat untuk turut menyumbangkan koleksi tanaman sehingga tanaman dapat diregistrasikan untuk mendapatkan surat keterangan pohon.

Taman Labirin Kebun Raya Banua

Selain menjadi wisata edukasi dan bermain untuk anak, Kebun Raya Banua ini juga tidak luput menyajikan tempat yang diperuntukkan untuk remaja. Ada banyak spot yang instagrammable khusus buat kamu yang doyan berfoto-foto dan yang paling diunggulkan yaitu adalah Taman Labirin yang menjadi pusat dari Kebun Raya Banua. Meski, masih dalam proses pengembangan, labirin ini cukup megah jika diambil gambar dari atas. Di tengahnya terdapat menara yang bisa kamu naiki dengan tangga untuk melihat pemandangan Kebun Raya Banua yang sangat di indah dilihat dari ketinggian. Tapi lebih tepatnya menara ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan petunjuk bagi kamu yang mau mencoba masuk misteri labirin. 

Kebun Raya Banua, Wahana Konservasi Untuk Liburan Bersama Keluarga

Untuk dapat menikmati destinasi wisata konservasi alam tersebut, kamu nggak perlu mengeluarkan uang banyak-banyak. Cukup Rp 20.000,00 di hari biasa dan Rp 30.000,00 di hari libur, kamu sudah bisa menikmati paket liburan khusus dari wisata konservasi alam, wisata edukasi, tempat bermain untuk anak, serta spot terbaik untuk foto-foto.

Leave a Reply