Mengenal Lebih Jauh Toilet Basah dan Kering

Mengenal Lebih Jauh Toilet Basah dan KeringBicara soal toilet, sejauh ini dikenal terdapat dua jenis, yaitu toilet basah dan kering. Masing-masijg memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada kesempatan kali ini tukangsedotlimbah.com akan mengajak Anda mengenal lebih jaug toilet basah dan kering.

Pada dasarnya toilet basah lebih familiar di Indonesia. Hampir di segala penjuru negeri ini masyarakatnya memiliki toilet bertipe basah. Sesuai namanya, toilet basah memiliki karakter selalu dalam keadaan basah, kecuali sedang tak digunakan dalam jangka waktu beberapa jam lamanya—mungkin akan kering. Pada toilet basah, umumnya dijumpai bak mandi dan gayung serta perlengkapan mandi lainnya, seperti tempat meletakkan sabun, sikat gigi, odol dan lainnya.

Dalam perkembangannya, toilet basah juga mulai mengadopsi shower sebagai kombinasi bak mandi. Pada beberapa toilet bahkan sudah tak menggunakan bak mandi dan murni mengandalkan shower saja. Kamar mandi basah cocok diaplikasikan pada ruangan yang kecil. Tak mengherankan jika jenis toilet satu ini lebih sering dijumpai di berbagai rumah-rumah di Indonesia. Umumnya toilet basah difungsikan untuk mandi hingga buang air.

Mengingat kelembaban udara di Indonesia terbilang tinggi, maka kebersihan toilet basah harus sangat diperhatikan. Pasalnya, udara yang lembab menjadi sarang empuk bagi spora dan kuman untuk tumbuh.

Berbeda halnya dengan toilet basah, toilet kering memiliki fungsi yang lebih kompleks. Tak sekedar sebagai tempat mandi dan buang air, toilet ini juga bisa sekaligus untuk berhias. Seperti namanya, toilet kering selalu dalam kondisi kering. Untuk membuat toilet kering memang dibutuhkan ruangan yang longgar. Umumnya, toilet kering memiliki bagian untuk mandi dan buang air yang terpisah dengan ruang untuk berhias. Dalam beberapa toilet kering acapkali pula dijumpai bathup.

Tak seperti toilet basah yang massif dijumpai di berbagai rumah, toilet kering umumnya lazim di jumpai di kota-kota besar atau rumah-rumah yang mewah dan gedongan. Fasilitas umum seperti hotel berbintang umumnya juga menyediakan fasilitas toilet kering. Ditinjau dari segi kesehatan, toilet kering memang lebih sehat dan cocok diaplikasikan di Indonesia. Tentu, mengingat tingginya kelembaban di Tanah Air, sehingga toilet yang kering dinilai lebih mampu mencegah persebaran spora dan kuman. (y)

 

Leave a Reply