Karakteristik Lantai Vinyl

Hendak memasang lantai di rumah Anda? Jangan bingung; lantai yang sederhana dan tahan lama selalu tersedia. Lantai vinyl adalah salah satu pilihan terbaik karena tahan lama dan harga lantai vinyl cukup terjangkau. Terutama ketika Anda mempertimbangkan lantai kamar mandi dan dapur, lantai vinil adalah pilihan terbaik. Tren pemasangan lantai vinyl meningkat dari hari ke hari. Tidak hanya daya tahan dan keterjangkauan sebagai alasan utama memilihnya, tetapi juga karena banyak pilihan motif yang tersedia. Ada berbagai desain, warna, dan jenis. Selain itu, harganya tergantung pada kualitas dan bahan yang digunakan dalam manufaktur. Mari kita bahas secara detail karakteristik lantai ini.

Seputar Lantai Vinyl

Lantai vinil pada dasarnya adalah bahan bangunan yang terbuat dari polivinil klorida yang disebut PVC. Yang mana terbuat dari produk-produk hasil rekayasa, bukan dari bahan asli. Mirip dengan linoleum tetapi lebih tahan lama. Ini dapat digunakan di area komersial seperti kantor, pusat perbelanjaan serta di daerah pemukiman seperti kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

Jenis Lantai Vinyl

Karakteristik Lantai VinylPada dasarnya ada dua jenis lantai ini. Salah satunya disebut lantai vinyl cetak dan yang lainnya adalah vinyl hias. Lantai vinyl cetak berisi lembaran tipis vinil dan memiliki lapisan kertas cetak. Jenis ini murah harganya namun tidak tahan lama, sedangkan vinil hias lebih tebal, lebih kuat namun lebih mahal. Keduanya tersedia di pasar dalam bentuk lembaran maupun ubin.

Keuntungan Lantai Vinyl

Vinyl lebih murah, tahan lama dan mudah perawatannya. Ketahanannya terhadap kelembapan menjadikannya pilihan terbaik untuk kamar mandi dan lantai dapur. Ini bisa menjadi jenis lantai yang diminati untuk area lalu lintas yang padat seperti kantor, pusat perbelanjaan, dan sekolah. Selain itu lantai vinyl ini nyaman di kaki dan merupakan tambahan insulasi.

Kekurangan Dari Lantai Vinyl

Salah satu kelemahan utama dari lantai vinyl adalah bahwa jenis lantai ini tidak dapat diperbaiki atau dipoles. Seiring waktu ketika sudah kehilangan kilaunya akan terlihat kusam dan bisa rusak. Meskipun lebih murah dari lantai lain tetapi memiliki siklus hidup yang singkat. Selain itu juga sensitif terhadap sinar matahari dan dingin sehingga bisa memudar atau retak.

Ketika memilih menggunakan lantai vinyl pertimbangkan pemasangan, biaya dan jenis lantai vinil. Gunakan lantai vinyl hias untuk area lalu lintas padat seperti pusat perbelanjaan, kantor dan sekolah. Lantai vinyl cetak adalah yang terbaik untuk area lalu lintas rendah seperti kamar tidur pribadi. Gunakan ubin jika Anda menginginkan lebih banyak desain dan juga bisa dipasang sendiri. Tetapi jika Anda memiliki anggaran yang ketat lebih baik membeli lantai vinyl lembaran, karena harga lantai vinyl lembaran lebih murah daripada ubin.

Leave a Reply